Download MP3 Secara Legal

Arif Rahmawan January 17, 2012
Salah satu bisnis yang sangat menjanjikan adalah bisnis hiburan. wabil khusus bisnis musik. Sejak saya lahir, industri musik tak pernah berhenti melahirkan pemusik pemusik baru baik di Indonesia maupun di dunia. Musik tak penah berhenti untuk tidak disukai oleh para penikmat musik. Musik selalu menemukan penggemarnya masing-masing.

Karya musik bisa begitu cepat dinikmati oleh semua orang karena hasil karya musik berbentuk rekaman. Baik dalam bentuk audio ataupun audio video. Rekaman inilah yang menyebabkan distribusi musik menjadi mudah. Rekaman itu diputar kembali melalui berbagai media. Sejarah mencatat dari hari ke hari hasil karya musik tidak hanya terpaku pada satu jenis penyimpan rekaman.

Jika dulu saya hanya mengenal media penyimpan karya musik dalam bentuk kaset pita. Kini karya tersebut tak hanya disimpan dalam bentuk pita kaset melainkan dalam bentuk CD, VCD dan MP3. Dulu ketika sebuah lagu hanya bisa "disebarkan" melalui kaset, tak pernah terbayangkan akan ada teknologi yang mempermudah penikmat musik untuk menikmati lagu tanpa harus membeli kaset. Akhirnya kaset kini menjadi barang K U N O dan siap siap berkemas menuju museum musik sebagai salah satu benda bersejarah.

[caption id="attachment_949" align="alignright" width="300" caption="sumber foto : undoo.net"][/caption]

Pengganti kaset adalah Cakram yang dikenal dengan Compact Disct ataupun Video Compact Disc, kemudian DVD ada juga yang lebih canggih Blue Ray. Sebuah CD bisa berisi satu album musik, begitu juga dengan DVD.

Kemudian muncullah Internet dengan segala kemudahannya, semua bidang kehidupan tiba-tiba menjadi lebih mudah termasuk musik. Dan muncullah MP3 (MPEG-1 or MPEG-2 Audio Layer III). Inilah babak baru media rekam sebuah karya musik. Dan luar biasanya, kita bisa dengan mudah mendownload MP3 ini secara gratis di Internet. Semudah mengambil buah jambu dari pohonnya. MP3 menjadi pilihan favorit para penikmat musik dibanding kaset pita ataupun VCD.

Dengan teknologi tersebut, orang dengan mudah memiliki koleksi musik tanpa harus membeli, cukup dengan mendownload mp3 di internet. Maka lagu tersebut bisa langsung masuk sebagai nada dering gadget anda.Penjualan karya musik melalui kaset dan CD pasti turun.

Lalu apakah download mp3 gratis di internet termasuk perbuatan ilegal, pembajakan atau melanggar hukum?. Saya tidak tahu. Tapi jika anda ingin menghargai jerih payah para musisi tersebut. Lebih baik anda mengganti dengan uang alias membeli dan mendownload lagu secara legal. Karena saya yakin niat mereka adalah berkarya dan menjual karya musiknya. Bukan untuk didownload secara gratis. Masalahnya membeli CD atau download mp3 secara legal kan mahal?.  Mahal dibandingkan dengan download gratis. Harga 1 buah lagu sekitar 2000-5000 rupiah. Bandingkan dengan gratis. Murah mana?

Tapi itu semua kembali kepada pendapat dan kebijaksanaan masing-masing. Kembali kepada pemahaman tentang hasil karya orang lain. Tapi kira-kira mendownload mp3 ilegal termasuk perbuatan melanggar Pancasila atau tidak?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »