Bagus Utomo Menerima Penghargaan dr. Guislain Award

Arif Rahmawan October 16, 2012
 

[caption id="attachment_1505" align="aligncenter" width="300"] Bagus Utomo. kpsijakarta.tumblr.com[/caption]

Rabu, 10 Oktober 2012 merupakan hari bersejarah bagi Bagus Utomo dan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) yang diketuainya. Di hari tersebut Bagus Utomo terpilih menjadi pemenang Dr. Guislain Award. Dalam acara yang berlangsung di Museum Guislain, Kota Khent Belgia, Bagus Utomo juga mendapatkan dana 50.000 US Dollar.

Penghargaan Dr. Guislain Award merupakan penghargaan bagi orang-orang maupun organisasi yang terlibat aktif dalam penghapusan stigma negatif terhadap penderita Skizofrenia atau lebih dikenal dengan Orang Dengan Skizofrenia (ODS).


Sedangkan nama Guislain diambil dari nama seorang Dokter di Rumah Sakit Jiwa yang mendedikasikan hidupnya untuk membantu kesembuhan dan pemulihan pasien ODS di Belgia.

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia

Berawal dari penyakit Skizofrenia yang diderita sang kakak, Bagus mulai mencari informasi melalui internet tentang penyakit tersebut. Berbagai informasi dari bahasa Indonesia sampai bahasa asing dikumpulkannya.  Hingga tiba pada satu kesimpulan bahwa ODS bisa pulih kembali, meski tidak bisa kembali 100 persen dari kondisi semula.

Selain itu, perasaan bingung tentang penyakit skizofrenia ini membuatnya merasa perlu membagi informasi kepada orang lain. Dia yakin, setiap keluarga penderita Skizofrenia merasakan hal yang sama dengannya. Hal paling awal yang biasanya dilakukan keluarga ODS adalah melakukan pengobatan melalui jalur alternatif non medis. Setelah non medis terbukti tidak mampu menyembukan, mereka menyerah dan akhirnya menempuh jalur medis.

Hal itu merupakan salah satu hal yang ingin dia bagi melalui internet. Hingga pada rentang tahun 2000-2005 lahirlah mailing list di yahoo, kemudian blog dan website dengan judul http://peduli-skizofrenia.blogspot.com.

Seiring perkembangan teknologi internet, lahirlah Facebook pada tahun 2008, kemudian dia mendirikan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia di Facebook. Misi Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia adalah berusaha membantu kesembuhan ODS dan menghapus stigma negatif tentang Skizofrenia.

Mengingat saat ini hampir tidak bisa dipungkiri lagi, di Indonesia sendiri stigma negatif tentang ODS masih berlangsung hingga kini. Perlakuan tidak manusiawi seringkali diterima oleh ODS. Ada yang menganggap ODS adalah sebuah kutukan. Ada yang terang-terangan menganggap bahwa ODS bukan lagi manusia dengan cara memasung.

Hal-hal itulah yang coba diminimalisir oleh KPSI melalui keluarga terdekat. Grup ini mencoba memberikan pemahaman kepada keluarga ODS agar memahami penyakit SKizofrenia dari segi medis. Agar bisa bersabar dan menentukan hal-hal yang perlu dilakukan dalam  pasien ODS dan memberikan kesempatan kepada ODS untuk bisa hidup mandiri dalam berkarya. Meski sulit, meski tidak mudah.

Kini, adanya penghargaan Guislain Awards terhadap KPSI membuat kita lebih terpacu untuk terus berusaha membantu memulihkan ODS. Menghapus stigma negatif dari masyarakat awam dan lebih memanusiakan pasien ODS.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »