Mengabadikan(mu)(di) Kehidupan(ku)

Arif Rahmawan November 30, 2012
Dahulu kala, sewaktu masih kuliah di salah satu Universitas ternama di Sukoharjo, saya tinggal di sebuah rumah yang terletak di sebelah selatan kampus. Rumah yang memang khusus disewakan untuk mahasiswa yang terpaksa harus indekos, karena jarak antara rumah sendiri dan kampus  yang terlalu jauh.

Ada sekitar sepuluh kamar di rumah tersebut. Kamar saya termasuk salah satunya.

Pada saat itu, setiap penghuni kamar-meskipun tidak semua- mengekspresikan diri mereka dengan memasang berbagai poster di dinding kamar masing-masing. Ada yang memasang poster Bung Karno, ada yang memasang poster musisi rock, Kurt Cobain,  ada juga penggemar tokoh revolusioner Che Guevara  dan bahkan poster film semacam Spiderman.

Ketiga nama yang saya sebut di awal adalah nama orang-orang yang sudah lama meninggal. Presiden Sukarno wafat pada tahun 1970, Kurt Cobain meninggal dunia  di usia muda pada tahun 1994 dan Che Guevara juga sudah meninggal dunia pada tahun 1967.

Apa yang menarik dari ketiga orang di atas, sehingga teman-teman indekos saya begitu antusias memasang poster mereka. Ketiganya memiliki persamaaan, yaitu memiliki karya besar yang abadi sepanjang masa. Bung Karno dengan ide nasionalisnya, Kurt Cobain dengan kejeniusannya bermusik, sedangkan Che dengan ide revolusionernya.

Mereka bertiga membuktikan bahwa sebuah karya tidak harus berupa benda mati, tetapi bisa berupa sesuatu yang abstrak : ide dan perbuatan.

Karya mereka-yang berasal dari ide dan perbuatan-hingga hari ini dinikmati, dikenang dan dikagumi oleh banyak orang.

Lalu, apakah hanya mereka bertiga yang bisa dikenang abadi oleh orang lain?. Tidak. Semua orang yang memiliki ide dalam bentuk apapun atau mereka yang melakukan perbuatan baik maupun sebaliknya, bisa dikenang dan hidup abadi di kehidupan orang lain.

Kita semua bisa mengabadikan hidup seseorang, beberapa orang atau siapapun agar terus ada di kehidupan kita dengan cara yang kita pilih sendiri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »