Ketika Elu Gue Terdengar di Semarang

Arif Rahmawan December 17, 2012
Pada suatu hari saya memutar gelombang radio dan secara kebetulan nyangkut di sebuah radio yang sedang memutar lagu yang lumayan enak didengar.

Dalam waktu beberapa menit, lagu tersebut pun usai. Yang terdengar kemudian adalah suara sepasang penyiar muda-mudi yang berbicara dengan menggunakan bahasa elu gue. Aneh sekali, apa mungkin radio Jakarta bisa terdengar hingga di Jawa Tengah. Kalau melalui internet sih bisa. Tapi kalau melalui gelombang FM sepertinya sangat kecil kemungkinannya.

[caption id="attachment_1811" align="alignleft" width="300"] sumber gambar : deodeye.blogspot.com[/caption]

Ternyata dugaan saya salah, suara elu gue tersebut bukan berasal dari radio Jakarta, tetapi berasal dari salah satu radio anak muda di kota Semarang.

Situasi jadi semakin runyam, sebuah radio di Semarang yang penduduknya menggunakan bahasa jawa atau bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, , tetapi para penyiarnya justru menggunakan bahasa daerah lain, betawi.  Boleh saja menggunakan bahasa daerah lain, tetapi jangan sampai melupakan bahasa daerah sendiri.

Mungkin saja radio tersebut memang khusus untuk anak muda di Semarang. Mereka berusaha memberikan kesan bahwa radionya adalah radio gaul, sehingga menggunakan bahasa daerah lain. Tapi berdasarkan pengalaman saya hidup di kota Jakarta. Bahasa betawi tidak hanya digunakan oleh anak muda, tetapi juga oleh orang tua.

Atau mungkin tolok ukur kegaulan anak muda Semarang memang berdasarkan kemampuan berbahasa elu gue. Sementara bahasa jawa adalah bahasa masa lalu, bahasa kampungan.

Kalau sudah begini, pengguna bahasa jawa harus menerima kenyataan bahwa bahasa tersebut memang tidak laku di kalangan anak muda. Hanya laku di kalangan pinggiran. Dan bukan hal mudah untuk menjadikan bahasa jawa bahasa gaul. Butuh perjuangan yang tidak ringan untuk menggeser bahasa daerah lain di daerah sendiri.

Tapi saya sendiri mungkin akan tertawa terbahak-bahak jika ada anak muda di semarang yang menggunakan bahasa elu gue tapi dengan bahasa jawa yang medok.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »