Aku Hanya Tentara (Catatan Militer, Kepemimpinan dan Kebangsaan)

Arif Rahmawan January 02, 2013
aku hanya tentara

Judul Lengkap: Aku Hanya Tentara: Catatan Militer, Kepemimpinan dan Kebangsaan

Penulis: Kiki Syahnakri

Penerbit: Penerbit Buku Kompas

Jumlah Halaman: xxx+298 hlm.

Tahun : 2008

 

Saya menemukan buku ini ketika sedang berada di lantai bawah Gramedia Slamet Riyadi Solo. Sebuah buku bercorak loreng TNI. Dengan bayangan tiga sosok Tentara berpakaian lengkap : baret, ransel, sepatu. Mereka bertiga  sedang berlari dengan senjata di tangan. Tanpa pikir panjang saya segera membeli buku tersebut.

Buku ini berjudul Aku Hanya Tentara - Catatan Militer, Kepemimpinan dan Kebangsaaan. Ditulis oleh seorang purnawirawan TNI berpangkat terakhir Letnan Jenderal. Beliau bernama Letnan Jenderal (Purn) Kiki Syahnakri.

Awal ketertarikan saya sebenarnya terletak pada sosok penulis yang berlatar belakang seorang Prajurit TNI. Dalam pengetahuan saya, tidak banyak Prajurit TNI yang menyukai dunia tulis menulis apalagi hingga menerbitkan sebuah buku.

Beberapa hari kemudian saya berkesempatan membaca buku ini. Setelah membuka lembar demi lembar buku Aku Hanya Tentara ini, saya menemukan berbagai ide dan gagasan dari seorang Purnawirawan TNI terhadap kemajuan TNI pada khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

Banyak hal yang beliau tulis di buku ini terutama tentang permasalahan TNI dan bangsa Indonesia dilihat dari segi pertahanan keamanan. Keadaan geografis bangsa Indonesia yang sangat berbeda dibanding negara manapun membuat sistem pertahanan keamanan bangsa ini berbeda dengan negara lain. Letak wilayah Indonesia yang berpulau-pulau membuat sistem pertahanan Indonesia menganut sishankamrata (Sistem Pertahanan Rakyat Semesta) sebagai satu-satunya pertahanan yang paling efektif diterapkan di Indonesia.

Selain itu beliau juga mengemukakan permasalahan klasik yang masih saja dialami oleh Prajurit TNI, yakni tentang keterbatasan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) milik TNI. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa ternyata alutsista milik TNI jauh di bawah negara-negara lain. Tapi dengan berbagai keterbatasan tersebut, TNI tetap berusaha menjalankan tugasnya dengan baik.

Aku Hanya Tentara membuka pemahaman kita semua bahwa ternyata banyak permasalahan terutama tentang pertahanan keamanan yang selama ini tidak pernah kita ketahui.

Pembaca akan mengetahui bahwa ternyata banyak ancaman yang setiap saat bisa memecah belah persatuan bangsa Indonesia. Baik ancaman dari dalam maupun ancaman dari luar. Ancaman tersebut seringkali tidak kita sadari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »