Saba Baduy : Sebuah Perjalanan Wisata Budaya Inspiratif

Arif Rahmawan January 05, 2013
saba-baduy-sebuah-perjalanan-budaya-inspiratif

 

  • Judul Buku : Saba Baduy: Sebuah Perjalanan Wisata Budaya Inspiratif

  • Penerbit      :  Gramedia Pustaka Utama

  • Pengarang  :  Erwinantu

  • Halaman      :  124 hal.

  • ISBN             :  978-979-22-7879-8


Suku Baduy. Tergambar dalam benak sebagian orang tentang sebuah suku yang tidak mengenal budaya dan barangkali akan mengatakan primitif. Tetapi dalam kenyataan sesungguhnya semua hal tersebut tidaklah tepat. Bahkan salah total.

Suku Baduy Kanekes merupakan sebuah suku Baduy yang tinggal di desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten. Mereka tinggal di sebuah desa yang terpencil, dikelilingi dengan alam yang masih alami, hutan yang tetap terjaga dari perusakan oleh manusia.

Pola hidup mereka sangat berlawaan dengan kehidupan modern. Sebaliknya mereka hidup dengan cara yang teramat sederhana, mandiri dan hampir tidak ada perubahan dengan kehidupan suku tersebut ratusan tahun yang lampau. Akan tetapi kesederhanaan mereka bukan tanpa alasan. Selain meneruskan tradisi dari nenek moyang , mereka juga ingin bersatu dengan alam. Semua pola kehidupan masyarakat Baduy diatur dengan sebuah filosofi yang sungguh luar biasa yaitu selalu bersahabat dengan alam dan tidak merusak alam.

Hal ini kontras dengan pola kehidupan modern yang setiap hari kita nikmati yang terkadang kita lakukan tanpa memperhitungkan kelangsungan alam semesta.

Masyarakat Baduy bukannya tidak tahu bahwa dunia luar sudah berkembang dengan pesat. Tetapi mereka tiba pada satu kesimpulan, sekali mereka terperangkap dengan kehidupan modern, akan sulit melepaskan diri. Terutama terhadap konsekuensi dampak budaya, sosial dan ekonomi.

Masyarakat Baduy juga menolak dengan tegas keberadaan listrik dan jalan raya. Karena jika hal itu sampai masuk ke wilayah mereka, kebudayaan yang mereka pelihara secara turun temurun perlahan-lahan akan terkikis oleh segala bentuk kebudayaan modern.

####


Buku Saba Baduy : Sebuah Perjalanan Wisata Budaya Inspiratif karya Erwinantu ini merupakan sebuah buku yang sangat menarik yang menyajikan berbagai kehidupan yang dijalani oleh Suku Baduy Kanekes. Menarik karena memang tak banyak buku yang menyajikan informasi tentang suku Baduy. Selain itu sang penulis benar-benar menjiwai setiap perjalanan yang dilakukannya di pedesaan Suku Baduy Kanekes. Hal ini menyebabkan pembaca semakin penasaran untuk segera mengetahui seperti apakah sebenarnya kehidupan di pedesaan Suku Baduy Kanekes.


Dengan dilengkapi gambar sketsa dan hasil jepretan kamera , pembaca akan semakin mendapat gambaran bagaimana suasana kehidupan yang serba sederhana.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »