Menanggapi Surat Terbuka dari Ketua MUI untuk Fatin Shidqia Lubis

Arif Rahmawan April 04, 2013
Pada tanggal 2 April 2013 kemarin, saya membuka facebook. Pada salah satu fanspage yang saya ikuti, saya membaca sebuah status yang cukup panjang. Status tersebut berjudul Surat Ketua MUI untuk Fatin Shidqia Lubis dan dilengkapi dengan foto dari seorang perempuan bernama Fatin. Fotonya adalah sebagai berikut :

fatin

Sedangkan surat dari ketua MUI tersebut adalah :

Assalaamualaikum Wr.Wb.
Bapak sering menonton penampilan Fatin di X FACTOR, bapak dan keluarga bangga dengan kamu yang tetap berjilbab dalam penampilanmu ikutan di X FACTOR. Bapak sebagai Ketua MUI Pusat yang membidangi Seni dan Budaya ingin berpesan untuk Fatin sebagai berikut:

1]. Pada suatu saat Fatin akan dihadapkan pilihan, jilbab atau karier. Misalnya akan ada yang membisikan Fatin dengan kalimat; “Kalau mau menang jadi juara I kamu harus copot jilbab!” atau “kalau mau ikut nyanyi di luar negeri kamu harus copot jilbab”, Bapak pesan jangan sekali-kali kamu jual akidahmu demi karier duniawimu. Dan jauhi pergaulan negatif.

2]. Jangan tinggalkan sholat lima waktu dengan alasan apapun, kalau terpaksa boleh di akhir waktu. Dan kalau betul-betul darurat bisa dijamak.

3]. Kepada umat Islam, khususnya muslimah yang sudah berjilbab dan anggota HIJABERS setiap Fatin mau tampil di X FACTOR kirim SMS ke 9288 dan ketik FATIN, niyatkan untuk da’wah dan syiar Jilbab.

4]. Rumus jilbab itu 3T yaitu Tidak buka aurat, Tidak transparan, dan Tidak ketat.
Terima kasih atas perhatian Fatin dan salam buat kedua ortumu.

Wassalaam ,
KH. A. Cholil Ridwan
Ketua MUI Pusat Bidang Seni Budaya 

Surat tersebut mengambil sumber dari web yang menggunakan nama Islam. Setelah membaca surat tersebut saya tercenung selama lima detik. Beberapa kali saya membaca tulisan tersebut dan menemukan banyak kejanggalan yang terletak pada setiap poin. Tetapi poin yang paling janggal adalah poin ketiga. Poin ini berisi ajakan dari Ketua MUI untuk mendukung Fatin Shidqiya Lubis dengan cara mengirim sms. Baru saja saya membaca lagi status di fanspage tersebut, mereka mengganti beberapa kata pada poin ketiga. Kata-kata yang dihapus adalah  kirim SMS ke 9288 dan ketik FATIN. Kata ini diganti dengan kata dukunglah. Sehingga kalimat lengkapnya adalah Kepada umat Islam, khususnya muslimah yang sudah berjilbab dan anggota HIJABERS setiap Fatin mau tampil di X FACTOR dukunglah, niyatkan untuk da’wah dan syiar Jilbab. 

Meskipun diganti, tetapi muatannya tetap sama. Saya sungguh tidak percaya ada seorang ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat berjilbab untuk mendukung acara semacam X-Factor yang sebenarnya hanyalah kegiatan bisnis dengan kedok hiburan dan tidak ada sangkut pautnya dengan MUI.

Jadi sebenarnya surat tersebut adalah surat palsu dan bukan berasal dari Ketua MUI. Kesimpulan yang bisa saya ambil dari beredarnya surat terbuka tersebut adalah, ada pihak-pihak yang berusaha menggunakan nama Islam untuk kepentingan pihak tertentu. Mereka menggunakan nama MUI untuk membohongi masyarakat demi kepentingan pribadi dan bisnis yang tidak ada hubungannya dengan umat Islam.
Tetapi, masyarakat cukup mengambil sisi positif dari isi surat tersebut yang sebenarnya berisi ajakan kebaikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »