Menjadi Diri Sendiri

Arif Rahmawan April 01, 2013
Dalam berbuat baik, ada dua kelompok manusia di Indonesia. Kelompok pertama adalah sekelompok orang yang selalu berbuat baik, di manapun dan kapanpun. Sementara kelompok kedua adalah mereka yang mengerjakan kebaikan ketika keadaan mendukung. Ketika keadaan tidak mendukung, ia tak melakukan apapun dan yang lebih parah ia terbawa arus menjadi bagian dari kejahatan.

Pada kenyataannya, kelompok kedua memiliki jumlah lebih banyak dibanding kelompok pertama. Kelompok yang lebih kecil kalah dengan kelompok yang lebih besar. Inilah yang menyebabkan kejahatan terus merajalela.

Saya yakin, sebagian besar manusia yang tinggal di bumi ini terus berusaha untuk memperbesar kelompok pertama. Mereka melakukan berbagai cara, misalnya melalui penyebaran ajaran kebaikan, menyebarkan agama dan mendirikan lembaga penegak hukum.

Apakah semua itu bisa berhasil?. Entahlah. Tugas manusia hanya berusaha. Perjuangan untuk tetap berada di bawah naungan kebaikan adalah wujud kesetiannya terhadap fitrah kemanusiaan. Manusia itu sedang berusaha menjadi diri sendiri menjadi manusia sempurna. Manusia yang bercermin hanya pada beningnya nurani. Menghamba hanya pada yang sejati. Dan garis akhirnya, ketika jatah hidup di dunia ini usai, saat ia harus pulang, ia mencapai pati patitisInna lillahi wainna ilaihi rajiun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »