Perlawanan

Arif Rahmawan May 01, 2013
diponegoro_1Kekejaman dan ketidakadilan yang dilakukan bangsa kulit putih di bawah kibaran bendera merah putih biru membuat orang-orang pemberani bermaksud melakukan perlawanan dan pengusiran bangsa penjajah dari pulau impian.

Hal ini juga dilakukan oleh seorang perempuan perkasa yang berasal dari bumi Aceh. Kedatangan pasukan merah putih biru di bawah pimpinan Cornelis De Houtman disambut dengan keberanian rakyat Aceh. Pertempuran demi pertempuran terjadi di berbagai tempat.

Perempuan perkasa yang bernama Laksamana Malahayati tersebut berhasil membunuh Cornelis De Houtman.

Kemudian Seorang pria Aceh bernama Panglima Polim juga  berhasil membunuh seorang jenderal penjajah bernama Kohler.

Di tempat lain juga terjadi pergolakan melawan penindasan bangsa penjajah yang semakin semena-mena terhadap rakyat pulau impian.

Seorang putra Sri Sultan Hamengkubuwono III yang bernama Pangeran Diponegoro mengobarkan perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Bermula dari tingkah laku penjajah Belanda yang memasang patok di tanah milik leluhurnya, Pangeran Diponegoro memulai perang besar yang disebut perang jawa.

Selain itu, sang Pangeran juga sudah muak dengan berbagai ketidakadilan yang dilakukan oleh Belanda.

Di Maluku, seorang gadis pemberani bernama Martha Cristina Tiahahu juga tak gentar melakukan perlawanan terhadap Belanda. Meskipun usianya sangat muda, tapi dengan keberaniannya dia bertempur hingga titik darah penghabisan.

Tak terhitung perlawanan yang dilakukan oleh para pemberani. Bagi mereka lebih baik mati berkalang tanah daripada hidup dijajah.

Tapi perjuangan tak semudah membalikkan telapak tangan. Sang Penjajah dengan berbagai cara selalu menghentikan langkah perjuangan. Dengan tipu muslihat mereka mengadu domba rakyat pulau impian.

Perjuangan penduduk pulau impian terpecah-pecah, akibatnya segala perlawanan berhasil dimentahkan oleh Belanda.

Selain itu Belandajuga  memberikan iming iming jabatan dan kenyamanan hidup bagi penduduk impian yang bersedia membantu Belanda.

Iming-iming ini ampuh. Muncullah pengkhianat-pengkhianat bangsa yang tega membunuh saudaranya sendiri dan membiarkan tanah airnya dikuasai  Belanda.

Dan kelicikan bangsa penjajah mengakibatkan perjuangan berlangsung selama 350 tahun..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »