Perlawanan Desa

Arif Rahmawan May 09, 2013
desa teguh santosaApa pendapatmu tentang sebuah kawasan yang bernama desa?. Desa adalah sebuah tempat dengan pemandangan alam yang masih terjaga. Di sana terdapat sawah, ladang, hutan dan pepohonan rindang yang bertebaran di berbagai tempat. Di desa juga terdapat sungai yang mengalir di antara sawah dan ladang. Di tempat yang indah itu pula kita bisa menikmati suara burung-burung yang bercicit bebas di ranting-ranting pepohonan.

Udara yang segar tanpa polusi bisa kita hirup dengan mudah di sana.

Penduduk desa memiliki pola hidup sederhana. Bagi mereka, kehidupan adalah proses menjalani perintah Tuhan dengan sebaik-baiknya. Maka segala bentuk proses hidupnya senantiasa mempertimbangkan keberadaan Tuhan, sesama manusia dan alam semesta. Mereka tidak serta merta mengeksploitasi alam demi kepentingan manusia, tetapi ada pertimbangan moral terhadap Tuhan dan keberlangsungan hidup alam semesta itu sendiri.

Mereka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dari hasil pertaniannya. Padi, jagung, sayuran, ikan merupakan menu yang diambil secara langsung dari tanah yang sudah mereka olah. Setelah semua kebutuhan dirasa sudah tercukupi, sisa hasil pertanian pun dijual.

Itulah sejatinya kehidupan desa. Hingga datang segala bentuk kebudayaan dari kota yang mengubah sendi sendi kehidupan di pedesaan. Kehidupan pedesaan tak lagi berisi kesederhanaan.

Kehidupan yang serba hedonis pun menghajar segala lini kehidupan termasuk di pedesaan. Di desa, budaya lokal dan agama kini bertarung melawan kapitalisme dan hedonisme.

Apakah desa akan mengalami kekalahan seperti di kota yang terlebih dahulu bertekuk lutut di kaki kapitalisme yang tak memiliki nurani?

sumber gambar : http://www.facebook.com/photo.php?fbid=3333384577059&set=a.3170955636437.2120422.1341870303&type=1&permPage=1

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »