Tuhan Pun Berpuasa

Arif Rahmawan July 13, 2013
tuhan-pun-berpuasaJudul buku: Tuhan pun “Berpuasa”
Penulis: Emha Ainun Nadjib

Penerbit: Kompas, Juni 2012

Tebal buku: 236 Halaman

ISBN: 978-979-709-656-4

Harga: Rp 40.000

Buku Tuhan Pun Berpuasa merupakan kumpulan esai dan artikel yang ditulis oleh Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun. Berisi refleksi dan perenungan Cak Nun terhadap berbagai fenomena di masyarakat dalam kaitannya dengan ibadah puasa.

Ibadah puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam, kecuali jika ada halangan tertentu.

Dengan kematangan selama menjalani proses kehidupannya, Cak Nun memaparkan makna puasa secara lebih mendalam. Tidak hanya sebatas menahan lapar dan menahan haus selama sehari. Lebih dari itu, Cak Nun juga menghubungkan aktivitas puasa dengan berbagai aktivitas budaya, kehidupan, baik kehidupan sebagai sebuah individu maupun kehidupan bernegara.

Puasa adalah pekerjaan menahan di tengah kebiasaan menumpahkan, atau mengendalikan di tengah tradisi melampiaskan. Pada skala yang besar nanti kita bertemu dengan tesis ini: ekonomi-industri-konsumsi itu mengajak manusia untuk melampiaskan, sementara agama mengajak manusia untuk menahan dan mengendalikan (hal xiv).

Bagi Cak Nun, pemaknaan puasa yang tidak tepat, tidak akan mengantarkan manusia pada tujuan berpuasa. Puasa bermakna menahan diri dari segala bentuk kemubadziran, bermakna mengantarkan manusia kepada kesejatiannya. Bermakna membebaskan diri dari berbagai takhayul dan klenik yang selama ini melingkupinya. Takhayul yang dimaksud bukanlah hal-hal mistik, tetapi justru pola kehidupan modern yang ternyata justru menindas harkat kemanusiaan.

Tuhan Pun Berpuasa, meskipun sebenarnya berisi artikel yang terbit pada tahun 1996, tapi isinya masih sangat relevan pada masa sekarang, bahkan mungkin beberapa tahun yang akan datang.

Buku ini sangat tepat untuk memperluas dan memperdalam pemahaman berpuasa. Selain itu, kita juga akan memahami bahwa bukan hanya manusia yang berpuasa, ternyata Tuhan Pun Berpuasa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »