Mengenang Blogging

Arif Rahmawan October 25, 2013
Blogwalking, saling berkomentar dan saling bertukar link. Anda, yang mengenal internet karena facebook, tak mungkin tahu kosakata semacam itu.

Tapi lima tahun yang lalu, kegiatan tersebut pernah dilakukan para blogger. Mereka begitu bersemangat membuat blog kemudian mengisinya dengan tulisan-tulisan yang  menurut mereka bagus-entah menurut orang lain. Mereka ngeblog demi menambah pundi-pundi uang di rekening mereka.

Gegap gempita blogging bahkan menyeret Menkominfo saat itu untuk membuat Hari Blogger Nasional. Tanggalnya berapa, saya sudah lupa.

Itu, lima tahun yang lalu.

Dunia internet begitu cepat berubah. Hari ini kegiatan tersebut tinggal sejarah. Hari ini pula, situs-situs yang pernah mewarnai dunia maya tumbang. Misalnya : Multiply.com, dagdigdug.com, friendster.com dan ribuan blog milik para blogger Indonesia.

Dulu pula, begitu mudahnya para blogger menikmati dollar dari Google Adsense. Bertebaranlah gambar yang memuat uang ratusan dollar yang sudah berhasil diraih para blogger. Sekarang, entah.

Dunia internet begitu cepat berubah.

Dulu para pebisnis, para pakar internet meramalkan bahwa toko online akan merajai dunia bisnis di Indonesia. Toko konvensional akan tutup. Orang-orang lebih menyukai berbelanja online. Benarkah?

Tidak benar. Ramalan itu meleset.

Hari ini blogging dan segala tetek bengek tentangnya tinggal kenangan bagi sebagian orang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »