Menunggu Kereta di Tengah Kota Purwodadi

Arif Rahmawan November 05, 2014
Bermula saat mengendarai sepeda motor dari arah Grobogan menuju ke Kota Purwodadi. Saya melintas di depan kantor Pos Purwodadi yaitu di Jalan Jenderal Sudirman. Tanpa sengaja saya menoleh ke arah kanan, ke arah jalan dengan rambu-rambu verboden alias dilarang masuk alias jalan satu arah. Jalan tersebut Jalan satu arah dari selatan, depan Foto Langgeng (Yat Hing).

Sekilas, ada sesuatu yang menarik di jalan yang agak mejeng tersebut. Ada yang berbeda dengan kondisi jalan mejeng tersebut. Ada benda yang selama ini terpendam di bawah aspal, kini terlihat jelas. Benda itu bernama rel kereta Api.

Timbul pertanyaan di dalam hati, apa mungkin jalur kereta api yang dulu pernah melintasi tengah kota Purwodadi akan diaktifkan kembali?

Mungkin iya, mungkin tidak. Sebelum peristiwa tersbut, saya memang pernah mendengar informasi tentang kemungkinan difungsikannya kembali jalur kereta api Purwodadi.  Stasiun Purwodadi akan difungsikan sebagaimana mestinya.

Menurut cerita ibu saya, sekitar empat puluh tahun yang lalu kereta api memang pernah melintas di tengah-tengah Kota Purwodadi. Melintas di perempatan bangjo Kencana.

Terlepas benar tidaknya rumor tersebut, menurut saya ada baiknya jalur kereta api purwodadi diaktifkan kembali. Mengingat harga BBM semakin melambung dan jalan raya yang semakin sesak, kereta api  bisa menjadi alternatif transportasi berdampingan dengan bus umum, mobil maupun sepeda motor.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »