Ziarah ke makam Joko Tarub (Leluhur Dinasti Mataram)

Arif Rahmawan December 30, 2014
Malam itu saya berziarah ke makam Joko Tarub. Seorang tokoh yang terkenal dengan cerita tentang selendang dan para bidadari. Makam tersebut terletak di desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Kira-kira 15 km dari kota Purwodadi arah ke timur, searah dengan kota Blora.

Kompleks makam Joko Tarub tampak asri dan terawat. Semuanya terlihat seperti bangunan baru. Menurut juru kunci, kompleks makam Joko Tarub memang dikelola dengan baik oleh Kasunanan Surakarta. Untuk masuk ke kompleks kita harus melewati pintu gerbang . Selain itu ada lima bangunan di dalam kompleks makam Joko Tarub. Yang pertama, sebuah bangunan semacam gardu informasi. Yang kedua sebuah bangunan yang bertuliskan makam Kidang Telangkas. Yang ketiga pendopo. Yang keempat juga pendopo dan yang kelima makam Joko Tarub.

Saya segera berziarah ke sebuah bangunan yang di dalamnya ada makam Joko Tarub. Setelah bebarapa saat saya keluar dari bangunan tersebut menuju ke pendopo yang terletak tepat di depan bangunan tersebut.

Di pendopo tersebut, anda akan melihat silsilah Joko Tarub yang layak anda baca. Silsilah yang dibuat oleh Kasunanan Surakarta. Dalam silsilah tersebut tertulis bahwa Joko Tarub merupakan keponakan Sunan Kalijaga. Kemudian Joko Tarub menikah dengan Dewi Nawangwulan, seorang bidadari kemudian melahirkan Dewi Nawangsih. Dewi Nawangsih menikah dengan Bondan Kejawan melahirkan beberapa anak salah satunya Ki Ageng Getas Pendowo. Dari Ki Ageng Getas Pendowo lahirlah Ki Ageng Selo. Dari istri Ki Ageng Selo lahirlah Ki Ageng Ngenis (makamnya di Surakarta). Ki Ageng Ngenis menurunkan Ki Ageng Pemanahan. Lalu Ki Ageng Pemanahan menurunkan Danang Sutawijaya alias Panembahan Senopati.

Berdasarkan silsiah tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa leluhur raja-raja mataram ternyata berada di Purwodadi. hmmm..

Setelah bebarapa lama berada di tempat tersebut akhirnya saya pun pulang ke rumah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »