Mudahnya Kuliah Jarak Jauh di Universitas Terbuka

Arif Rahmawan July 10, 2015
background-website-dies

Setelah mengetahui nilai ujian akhir semester (UAS) periode 20151 dan membaca kalender akademik melalui website UT, saya memutuskan untuk segera meregistrasi mata kuliah periode 20152. Mengapa? Sebab, pada kalender tersebut tertulis batas akhir registrasi mata kuliah adalah pada 29 Juli 2015. Jika melewati tanggal tersebut saya belum meregistrasi, saya akan dianggap cuti. Untuk itu, meskipun jangka waktu masih lama, pada hari Senin, 6 juli 2015, selepas shalat tarawih, saya pun meregistrasi delapan mata kuliah dengan jumlah 24 sks pada fakultas ilmu sosial dan politik jurusan S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka.

Registrasi saya lakukan tanpa harus membakar bensin-yang disubsidi oleh Pemerintah-untuk antri di loket kampus UT atau ke UPBJJ-UT, tetapi cukup dari dalam rumah saya yang berada di pedesaan. Rumah sederhana yang jauh dari keramaian dan hingar bingar kota. Keramaian yang kerap saya dengar tiap malam hanyalah suara cengkerik dan kawan-kawannya yang menjadi orkestra alam pengantar tidur.

Semua kondisi tersebut tidak menghalangi proses registrasi. Dengan ditemani segelas susu coklat hangat, dan pisang goreng saya tetap meregistrasi mata kuliah,  dengan langkah-langkah sebagai berikut :

A.      Tahap Persiapan

1.       Mempersiapkan laptop dan modem

Laptop dan modem ini berfungsi sebagai penghubung antara saya dan website Universitas Terbuka.

2.       Mempersiapkan nama dan kode mata kuliah yang akan diambil

Saya juga menyiapkan daftar nama dan kode mata kuliah yang akan saya registrasi pada semester tujuh ini. Nama dan kode terdapat pada buku katalog yang bisa didapat gratis di UPBJJ Universitas Terbuka terdekat atau bisa didownload melalui website Universitas terbuka

B.      Tahap Pelaksanaan

1.       Membuka website sro.ut.ac.id

reg 3

 

Proses saya awali dengan membuka website Registrasi Online Universitas Terbuka. Pada website tersebut terdapat beberapa pilihan program studi yaitu : program non pendidikan dasar / reguler, program pendidikan dasar,  program pascasarjana, dan program pendidikan berkelanjutan. Berhubung saat ini saya tercatat sebagai mahasiswa pada fakultas Ilmu sosial politik jurusan ilmu perpustakaan, saya memilih program non pendidikan dasar/ reguler.

Untitled

Setelah masuk pada program non pendidikan dasar, ada banyak menu di sana. Menu bagi mahasiswa yang bermaksud untuk registrasi awal dan ada juga yang dikhususkan untuk mahasiswa lama yang sudah terdaftar. Saya memilih menu yang kedua.

2. Memasukkan NIM, Password dan kode verifikasi.

REG 4

3. Memilih kota tempat ujian dan mengisi kode mata kuliah

reg 1

reg 2

Setelah masuk pada website tersebut, saya harus mengisi lokasi ujian semester tujuh ini. Mahasiswa bisa memilih satu tempat ujian yang diinginkannya, pada periode ini saya memilih mengikuti ujian di kota kudus. Kode lokasi ujian bisa anda dapatkan melalui katalog UT.

Pengisian kode mata  kuliah juga sangat mudah. Silakan masukkan kode mata kuliah pada formulir yang tersedia. Misalnya PUST4418. Jika sudah selesai maka silakan klik simpan.

4.       Mencetak bukti registrasi.

kk

 

Hasil akhir dari proses registrasi ini,  saya harus mencetak  billing atau tagihan yang harus dibayar sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh Universitas Terbuka. Biaya per-sks yaitu Rp38.000,00. Jika saya mengambil 24 sks,  uang yang yang harus saya bayar berjumlah Rp912.000,00. Rincian biaya pada program studi lain bisa anda peroleh melalui buku katalog atau mengunduh di website UT.

5.       Membayar di Bank BRI

Pembayaran bisa dilakukan melalui kasir BRI atau melalui mesin ATM.

Seperti itulah kira-kira gambaran proses registrasi mata kuliah bagi mahasiswa lama, sangat ringkas dan tidak berbelit-belit seperti debat para politikus di televisi. Hal yang perlu saya lakukan sekarang adalah : membeli dan mempelajari bahan ajar melalui website Toko Buku Online,  mengikuti tutorial online sesuai jadwal, berdiskusi di grup Universitas Terbuka sesuai jurusan  dan mengikuti ujian sesuai jadwal.

UT dan  Sistem Belajar Jarak Jauh dan Terbuka 

Registrasi mata kuliah di UT memang mudah. Tidak hanya pada saat melakukan registrasi awal ataupun registrasi mata kuliah. Hampir semua proses perkuliahan di UT sejak awal hingga akhir semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah, efektif dan efisien. Hal tersebut bisa terjadi karena  saat ini UT merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang membuka sistem perkuliahan dengan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Sebagaimana tertulis dalam Katalog Sistem Penyelenggaraan Program Studi Non Pendas Universitas Terbuka 2015, yang dimaksud perkuliaha jarak jauh dan terbuka adalah :
UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Logo Universitas Terbuka Berwarna

Pada awalnya, untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan, UT  membuka sistem perkuliahan yang cukup unik. Sebagaimana tersebut di atas UT menerapkan konsep belajar jarak jauh dan terbuka. Saat itu UT bermaksud menjangkau calon mahasiswa yang berada di berbagai pelosok nusantara. Caranya dengan membentuk UPBJJ di berbagai kota besar di seluruh Indonesia. Peran UPBJJ tersebut sebagai kantor administrasi, sedangkan proses perkuliahan dilakukan di berbagai tempat yang memenuhi syarat dari Universitas Terbuka. Tempat tersebut bisa berupa sebuah sekolah, mulai dari sekolah dasar atau sekolah menengah atau tempat yang memenuhi syarat yang ditentukan UT. Sementara, waktu belajar mengajar dilakukan pada hari hari tertentu yang tidak mengganggu aktivitas para mahasiswa. Biasanya pada hari sabtu dan hari minggu.

Seiring perkembangan zaman, teknologi berkembang secepat kilat. Salah satu diantaranya adalah lahirnya teknologi internet. Keberadaan teknologi tersebut direspon dengan cepat oleh UT. Internet menjadi pembuka jalan yang begitu hebat mendampingi UPBJJ dan media lainnya. Keberadaannya benar-benar terbukti memperluas daya jangkau UT. Internet tidak hanya menjangkau kota, tapi menjangkau individu-individu di berbagai belahan dunia ini.

Proses pengembangan UT melalui internet dan website sebagai ujung tombaknya yang merupakan bagian tak terpisahkan pun dilakukan. Website UT disempurnakan agar semakin ampuh. Segala bentuk kekurangan, disempurnakan. Website yang semula hanya berfungsi sebagai papan pengumuman, sekarang ditingkatkan fungsinya untuk berbagai hal. Website UT kini bisa berfungsi sebagai loket pendaftaran, toko buku online, ruang kuliah online bahkan bisa menjadi ajang dialog antar mahasiswa dan dosen yang berada di berbagai penjuru nusantara bahkan luar negeri !

Sampai pada semua proses tersebut, boleh dikatakan UT telah melakukan revolusi pendidikan melalui internet.

Dampaknya adalah kemudahan bagi mahasiswa untuk bisa menikmati proses perkuliahan mandiri yang cepat, efektif dan efisien. Bahkan Mahasiswa bisa menjalankan semua proses perkuliahan tersebut di ruang tamu rumah sambil minum susu cokelat dan makan pisang goreng seperti yang saya lakukan.

-----

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »