Melindungi Peserta Didik dengan UU Perlindungan Anak

Arif Rahmawan October 29, 2015
Anak merupakan anugerah Tuhan yang wajib dijaga dan dilindungi oleh orang tua. Lebih dari itu, anak wajib dilindungi oleh masyarakat sekitar di mana anak itu tinggal dan  lembaga pendidikan di mana anak itu menempuh pendidikan. Dalam lingkup yang lebih luas lagi anak wajib dilidungi oleh pemerintah dan negara.

Apabila kita mencoba meneliti secara sekilas perihal bagaimana anak tumbuh dan berkembang, kita bisa mempelajari kehidupan anak sejak berusia 0 tahun hingga 18 tahun. Akan tetapi untuk mempersempit pembahasan, saya hanya akan membahas tentang anak berusia sekolah Dasar, yakni anak yang berusia 7 tahun hingga 12 tahun.

Kehidupan anak SD dilakukan di tiga tempat yang berbeda, yang pertama di rumah, yang kedua di sekolah dan yang ketiga di lingkungan sekitar. Akan tetapi dengan berkembangnya teknologi, anak bisa juga menghabiskan waktunya untuk menonton TV dan berselancar di dunia maya.

Ini menyebabkan anak memiliki kesempatan lebih banyak untuk berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda-beda. Semakin kompleks lingkungan yang ditinggali anak, bisa menimbulkan dampak positif maupun negatif. Jika yang diterima anak adalah dampak posiitif, ini tentu akan berakibat baik. Akan tetapi jika yang diperoleh anak adalah dampak negatif, ini menjadi permasalahan yang serius bagi anak itu sendiri, orang tua, lingkungan. Guru dan dalam jangka panjang bagi bangsa. 

Permasalahan anak yang akhir-akhir ini terjadi misalnya bully terhadap anak yang merupakan bentuk kejahatan yang cukup meresahkan dan harus segera dilarang baik dalam lingkungan maupun instansi pendidikan dan perkelahian antar anak.

JIka perkelahian itu terjadi di lingkungan pendidikan, tak jarang orang tua kerap menyalahkan pendidik. Padahal kenakalan anak bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, tetapi juga merupakan tanggung jawab orang tua.
Untuk itu untuk memperkecil kemungkinan kenakalan dan kejahatan yang diakukan oleh anak atau terhadap anak, semua elemen masyarakat perlu mempelajari dengan seksama isi UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan UU ini terdiri dari 14 bab yang mengatur pelbagai hal yaitu
Bab I Ketentuan Umum
Bab II ASAS DAN TUJUAN
Bab III HAK DAN KEWAJIBAN ANAK
Bab IV KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB
Bab V Kedudukan Anak
Bab VI Kuasa Asuh
Bab VII Perwalian
Bab VIII Pengasuhan dan Pengangkatan Anak
Bab IX Penyelenggaraan Perlindungan
Bab X Peran Masyarakat
Bab XI Komisi Perlindungan Anak Indonesia
Bab XII Ketentuan Pidana
Bab XIII Ketentuan Peralihan
Bab XIV Ketentuan Penutup

Hak dan Kewajiban Anak diatur dengan jelas pada Bab II, misalnya pada pasal 5, setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Lalu pada Pasal 9 (1) Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya. (2) Selain hak anak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), khusus bagi anak yang menyandang cacat juga berhak memperoleh pendidikan luar biasa, sedangkan bagi anak yang memiliki keunggulan juga berhak mendapatkan pendidikan khusus.
Pada Bab IV bagian kesatu juga disebutkan, Negara, pemerintah, masyarakat, keluarga, dan orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.
Selain memelajari UU Perlindungan Anak tersebut, wajib juga memahami UU NOmor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan UU Perlindungan Anak. UU ini berisi beberapa perubahan pada UU PA. Misalnya pada UU PA BAB IV, bagian kedua disebutkan,
Bagian Kedua
Kewajiban dan Tanggung Jawab Negara dan Pemerintah
Pada UU Nomor 35 tahun 2014 bagian tersebut disempurnakan sehigga berbunyi
Bagian Kedua
Kewajiban dan Tanggung Jawab Negara, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah
Dengan demikian untuk melindungi anak dari pelbagai kejahatan, pihak yang berkepengintan terhadap perlindungan anak, wajib untuk mempelajari isi UU no 23 tahun 2002 dan UU Nomor 35 tahun 2014. Kedua UU tersebut bisa anda unduh pada link di bawah ini :
  1. DownloadUU No 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
  2. Download UU No. 35 tahun 2014 tentang Perubahan UU Perlindungan Anak.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »