Berbagai Pengalaman Mengikuti UKG 2015

Arif Rahmawan November 16, 2015
Saat ini (16/11/2015) kegiatan UKG 2015 masih berlangsung. Beberapa guru sudah menyelesaikan uji kompetensi ini. Ada yang hasilnya memuaskan ada juga yang agak meleset dari KKM. Bagi guru yang hasilnya memuaskan tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Akan tetapi bagi guru yang hasilnya agak meleset bahkan mungkin jauh dari KKM yaitu nilai 55 akan membuat mereka tersipu-sipu.

Bagi guru yang belum mengikuti UKG, mungkin agak deg-degan dan bertanya-tanya, bagaimanakah model soal UKG, apakah kisi-kisi dari Kemdikbud dan soal-soal yang didapat secara tergesa-gesa diinternet benar-benar akan keluar.
Lalu bagi Guru yang belum terbiasa menggunakan peranti komputer akan bertanya apakah saya bsia mengoperasikan komputer?

Semua keraguan itu manusiawi dan sangat wajar. Bagi guru yang akan mengikuti UKG yang penting mempersiapkan diri dengan belajar kisi-kisi dari Kemdikbud dan rajin bertanya pada rekan-rekan sesama guru yang sudah mengikuti UKG. Karena  soal yang sudah diunduh melalui internet kadangkala melenceng jauh dari soal yag akan keluar.

Pengalaman Mengikuti UKG 2015

Untuk itu ada baiknya guru yang belum mengikuti UKG ini membaca pengalaman orang lain yang sudah mengikuti UKG 2015. Di bawah ini merupakan pengalaman beberapa orang guru yang rela berbagi di media online tentang pelaksanaan UKG 2015 yang mereka ikuti.


Seorang peserta UKG bernama Hanisha Nugraha berbagi pengalaman ketika mengikuti UKG 2015.


Ibu Guru ini hanya berfokus pada persiapan dan pengerjaan soal UKG 2015. Beliau tidak mempedulikan informasi yang masih simpang siur tentang akan dicabutnya tunjangan profesi guru apabila guru tersebut tidak mencapai KKM. Begitu juga isu tentang merebaknya isu akan ada pelatihan bagi yang nilainya masih kurang dari standar, juga isu yang mengatakan akan ada penghargaan bagi yang nilainya diatas rata-rata.

Beliau mendapat jadwal UKG pada tanggal 12 November 2015. Berdasarkan apa yang dituliskan di blognya, dia mengatakan cukup beruntung karena soal UKG sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dan ijazah yang dimilikinya. Beberapa temannya ada yang soal UKGnya tidak sesuai dengan mata pelajaran dan ijazah. Akibatnya, temannya tersebut harus mengikuti UKG susulan tanggal 7 - 11 Desember 2015.

Lalu, beliau juga membagi informasi teknis pelaksanaan UKG yang sudah dilaksanakannya. Informasi tersebut adalah :

1. Masukan Nomor Peserta dan Nomor Validasi yang terdapat pada Kartu Peserta masing masing, kemudian Login.
2. Pilih Latihan untuk mengenali Interface yang akan tampil pada saat kita melakukan pengisian online(Latihan wajib dilakukan walaupun hanya mengisi 1 soal saja,  soal latihan berjumlah 10).
3. Setelah selesai dengan mengklik icon tangan, nanti akan terlihat jawaban benar dan salah).
4. Login lagi dengan No Peserta dan No Validasi.
5. Pilih Soal Mapel UKGnya(Cek dulu apakah soalnya sesuai dengan Mapel UKG kita).
6. Lanjutkan dan jika tidak ada masalah akan masuk ke halaman soal dengan tampilan yang sama persis seperti saat kita latihan.
7. Setelah selesai nanti akan tampil Jawaban benar dan salah dari kompetensi Pedagogik dan Profesional sehingga tampaklah nilai hasil UKG kita.
8. Setelah itu kita harus login lagi dengan menggunakan No.peserta dan No validasi untuk mengisi survey terlebih dahulu(ini juga wajib dan berlaku sebagai daftar hadir).
9. Selesai dan kita bisa meninggalkan ruangan setelah menandatangani daftar hadir terlebih dahulu. Untuk waktu pengerjaan sekitar 120 menit,
Tapi untuk jumlah soal sepertinya berbeda-beda sesuai Mapel UKGnya, tapi dari keterangan teman-teman saya yang berbeda mata pelajaran rata-rata soal berjumlah 100.

Pengalaman dari blog Guruers.com

Pengalaman kedua yang akan saya bagi berasal dari pemilik blog Guruers.com. Beliau menuliskan pengalaman dengan lebih ringkas. 

Secara garis besar beliau membagi tes ini dalam tiga sesi login, yaitu :
  1. Login untuk latihan
  2. Login untuk soal asli
  3. Login untuk mengisi survey
Beliau mengerjakan 90 soal yang menurutnya melenceng jauh dari kisi-kisi dan soal yang selama ini dipelajarinya. Soal -soal selama ini dipelajarinya terlalu umum. Setelah bergelut dengan soal selama 120 menit, hasilnya :

Soal paedagogik = Benar 18 dan Salah 9

Soal profesional = Benar 37 dan Salah 16


Itulah beberapa pengalaman yang mungkin bermanfaat bagi anda yang belum mengikuti UKG

sumber : 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »